Mencari Model Pengawasan Keuangan Desa Dalam Mewujudkan Good Village Governance

Dr. Sampara Lukman, M.Si. Pembantu Rektor III IPDN membuka acara sosialiasi tahap kedua dengan menekankan pentingnya 3T dalam Pembangunan Desa.

Apa itu 3T…?

Tertib perencanaan

Tertib pelaksanaan

Tertib pertanggungjawaban

Dalam penjelasannya tersebut, beliau juga mengatakan kalau Salah satu kelemahan/kesalahan yang seringkali dilakukan oleh aparat desa adalah menyepelekan keberadaan kwitansi, sehingga seringkali saat petugas audit datang ketiadaan kwitansi tersebut menjadi kasus penyimpangan.

Nah… memasuki paruh kedua, akhirnya Big Boss BPK yaitu Prof. Dr. Bahrullah Akbar, MBA. Yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua BPK tampil. Dalam sambutannya Beliau langsung memberikan apresiasi kepada aparat Desa atas kinerja selama 3 tahun ini.

Loh.. memang apa saja prestasi aparat Desa di 3 tahun belakangan ini?

Banyak Sob, berikut adalah 4 diantaranya:

  • 145 km jalan desa telah dibuat
  • 258 km jembatan desa. 5220 unit pasaar desa telah dibangun
  • 070 Badan Usaha milik Desa (BUMDes) telah dibuat
  • tambatan perahu telah dibangun

Beliau juga mengatakan kalau keberhasilan tersebut bukan hasil dari satu orang saja, melainkan berkat kerjasama seluruh aparat desa, karena berhasil dalam mengelola Dana Desa yang telah diamanahkan pemerintah.

Adapun Kesimpulan dari penuturan yang disampaikan Prof. Dr. Bahrullah Akbar, MBA. Ini adalah:

  1. Banyak Program yang harus diperbaiki untuk membuat kemakmuran Desa dan Indonesia semakin kuat.
  2. Banyak variasi yang bisa dilakukan untuk membuat memajukan desa, salah satu cara yang bisa dilakukan “One village One product”
  3. BPK akan mencoba memformulasikan sistem audit agar lebih baik .

Di akhir acara H. Willgo Zainar, S.E., MBA. Anggota Komisi XI DPR dan  Dr. DRS. Hyronimus Rowa , Msi Deputi III IPDN Kemendagri menyampaikan kalau Desa adalah ujung pemerintahan RI, karenanya harus tetap diperkuat oleh anggaran negara. Oleh karena itu para aparat desa diberi harus mampu berperan sesuai UUD untuk mengelola dan mengurus Desa dengan baik.

Nah…. dari sharing info diatas, Sobat-sobat sekarang tentunya udah paham dong apa hubungan BPK dan Dana Desa ^_^

Jadi nanti kalau misalnya Sobat ada menemukan hal-hal yang ganjil dalam pengelolaan dana desa di daerah Sobat jangan ragu untuk menghubungi BPK ya….

Yuk Dukung BPK Kawal Harta Negara!

Tinggalkan Balasan

Close Menu