HATI-HATI, INI EFEK YANG AKAN SOBAT DAPATKAN JIKA SERING MEMAKAI BATIK!

Batik, kata tersebut tentu tak asing ditelinga bukan..?

Hehehe… tentu saja, sejatinya batik itu adalah sebuah karya seni yang keberadaanya telah dijaga secara turun temurun oleh masyarakat Indonesia. Karenanya untuk yang satu ini saya yakin mulai dari anak-anak sampai dewasa pasti mengetahuinya. Iya kan…?! ^_^

Secara etimologi, kata batik berasal dari bahasa Jawa yaitu "ambhatik". Dari dua kata, "amba" berarti lebar, luas, kain; dan "titik" berarti titik atau "matik" (kata kerja dalam bahasa Jawa berarti membuat titik). Dalam pelafalannya 2 kata tersebut menjadi satu dan kemudian berkembang menjadi istilah ‘batik’, yang berarti menghubungkan titik-titik menjadi gambar tertentu pada kain yang luas atau lebar (wikipedia). Dari penjelasan tersebut dapat kita ketahui kalau batik itu sebenarnya adalah sebuah metode menghasilkan karya seni diatas wadah kain.

Nah… kalau menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), definisi ‘Batik’ lebih merujuk kepada sebuah kata benda, Yaitu kain batik atau baju batik yang sudah selesai dilukis.

Jadi batik itu sebenarnya apa sih….?

Hehehe agar tidak membingungkan ‘batik’ itu bisa dianggap sebagai kain berlukiskan bentuk, pola atau motif bernilai seni yang dibuat menggunakan canting dan cairan lilin malam. Sedangkan aktivitas untuk membuat batik itulah yang kemudian disebut ‘mbatik’

Sekedar info: walaupun yang dimaksudkan secara definisi adalah batik tulis yang dibuat menggunakan canting. Pada kenyataanya ada berbagai cara untuk menghasilkan kain yang memiliki motif batik seperti dengan menggunakan cap, cetak, maupun printing.

Setelah pada 2 Oktober 2009 UNESCO menetapkan Batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) yang berasal dari Indonesia, Kepopuleran batik semakin pesat. Tak heran jika kemudian berbagai orang dipenjuru dunia kini mengenal batik.

Tapi tahukah Sobat dibalik nilai seni dan kepopulerannya itu batik ternyata menyimpan suatu rahasia. Batik rupanya mampu memberikan berbagai efek tak ‘biasa’ kepada penggunanya. Namun perlu diingat ‘tidak semua memang bisa mendapatkannya’, karena efek itu hanya berlaku pada mereka yang terbiasa dan paham cara menggunakan batik.

Efek apa yang dihasilkan batik …?

Sobat akan mendapatkan jawabannya disini, jadi pastikan baca artikel ini sampai selesai ya. Baiklah berikut beberapa dampak yang akan Sobat Dapatkan Jika Sering Memakai Batik:

1. Orang Akan Melihat Kamu Berbeda

Sebagaimana yang sudah disebutkan di awal, batik itu adalah sebuah karya seni khas Indonesia yang begitu indah. Dibuat dengan aneka desain rumit, rapi serta menarik yang kemudian dipadukan berbagai warna menarik sehingga membuat siapa saja yang memakainya tampak elegan dan mengagumkan.

Batik membantu Sobat terlihat lebih berkharisma, hal itulah yang kemudian membuat Orang melihatmu dengan pandangan yang berbeda.

Efek ini akan lebih maksimal jika:

  • Sobat juga meningkatkan kualitas jaringan pertemanan
  • Memberikan teladan yang baik dalam bersosialisasi

2. Kamu akan merasakan Sensasi Baru yang …….

Ah… Entah bagaimana cara menjelaskannya, namun satu yang saya ketahui yaitu ketika berdiri di hadapan cermin kemudian melihat diri yang rapi dengan baju batik, akan ada rasa optimis, meyakinkan serta rasa percaya diri yang didapatkan.

Rasa percaya diri itu selanjutnya akan membuat aura Sobat menjadi berbeda dan lebih positif.  Ibarat satu rantai yang saling terhubung, hal itu akan menarik perhatian. Jadi jangan heran ketika memakai batik Sobat akan merasa banyak mata tertuju pada Sobat. 

Hebatnya lagi, membuka jaringan pertemanaan dalam kondisi seperti akan sangat mudah. Kenapa? karena Orang lebih suka bergaul kepada mereka yang memiliki kepercayaan diri tinggi.

Efek ini akan lebih maksimal jika:

  • Sikap dan Prilaku yang baik dapat Sobat tunjukkan.
  • Menjaga Sopan Santun dalam berinteraksi

3. Kamu akan Jadi Buronan!

Jangan berpikir negatif dulu ya Sobat, karena buronan yang Saya maksud disini adalah menjadi Buronan Calon Mertua hehehe….

Sebagaimana yang diketahui, sukses atau tidaknya hubungan Sobat dengan pacar ditentukan oleh peran CaMer alias Calon Mertua, karena itu sangat penting untuk memberikan kesan positif kepadanya.

Memakai Batik adalah salah satu cara terbaik untuk membuat suasana menjadi kondusif karena Batik dapat memberikan kesan baik dan elegan di mata Camer. 

Percayalah datang ngapel dengan menggunakan batik akan jauh lebih baik daripada tidak memakai baju. Trust Me!

Efek ini akan lebih maksimal jika:

  • Saat ngapel Sobat juga membawa Terang Bulan
  • Jangan Alay saat bertemu Camer

4. Wajah Kamu akan Sering Terpampang di Internet

Untuk menjadi terkenal Di zaman “Now” itu bukanlah menjadi hal yang sulit, Serius…! Hanya dalam beberapa jam eh.. bahkan menit pun Sobat sudah bisa menggemparkan dunia. Yang perlu dipilih hanya dua “Terkenal karena hal Positif” atau “Terkenal karena hal Negatif” ^_^

Batik telah dikenal di seantero jagat,  karenanya tak heran jika di dunia Internasional banyak yang menjadikan Batik menjadi fashion. Lalu.. kenapa kita tidak manfaatkan keadaan ini? bukankah ada peluang besar bagi kita sebagai pemiliki batik..? dengan melimpahnya batik disekitar kita kenapa tidak buat saja berbagai kreasi unik yang keren..? bukan tidak mungkin dengan kehebatan internet saat ini karya kita bisa dilirik oleh dunia.

Hmm iya sih, tapi bagaimana kalau saya tidak punya bakat desain?

Hei… selalu ada banyak jalan menuju China bukan..?

 

Tak perlu lah terfokus pada satu hal saja, Sobat bisa terkenal lewat batik dengan berbagai cara. Misalnya jika Sobat memiliki tubuh ideal seperti model kenapa tidak share postingan Sobat memakai batik di Sosmed? bukan tidak mungkin jika gambar yang Sobat upload bagus akan mampu menarik minat dari toko online. Jangan salah loh, sudah banyak orang yang membuktikan hal tersebut bisa terjadi.

Sst… atau coba colek toko Batik Trusmi, kali aja nanti mereka tertarik menjadikan Sobat model.

Efek ini akan lebih maksimal jika:

  • Sobat mampu menciptakan inovasi baru yang menarik
  • Sobat mampu memanfaatkan berbagai kesempatan (sosmed) dengan maksimal

5. Kamu Berkontribusi dalam perekonomian Indonesia

Memakai batik tidak hanya tentang fashion atau seni saja, karena dengan memakai batik dan menggunakannya di berbagai even secara langsung Sobat sudah membantu roda perekonomian masyarakat.

Kenapa? Karena di dalam selembar batik, ada banyak peran, tangan, usaha dan orang di baliknya. Apalagi kalau batik yang Sobat pakai adalah batik tulis, peran Sobat akan semakin besar, karena terdapat usaha serta ketekunan yang lebih disana.

 

Jangan pernah ragu untuk membagikan foto-foto Sobat ketika menggunakan batik di media Sosial, agar peluang batik untuk terkenal di seluruh dunia menjadi semakin besar.

Efek ini akan lebih maksimal jika:

  • Sobat sering membagikan foto serta kreativitas batik di sosmed
  • Sobat membeli dan memakai batik dalam negeri

Jadi begitu Sobat, sekarang sudah tahu kan apa saja efek yang didapat ketika memakai batik?

Yups… Eh tapi  memangnya ada ya batik dari luar negeri?

Ada Sobat ^_^

Kok bisa?

Tentu saja bisa, karena kepopuleran batik itu sudah mendunia, produksinya pun kini ada dimana-mana. Tapi Sobat jangan khawatir karena  Sobat tetap dapat dengan mudah menemukan batik asli khas indonesia dengan mudah. Salah satu tempat untuk menemukanya adalah di http://btbatiktrusmi.com/

 

BT Batik Trusmi adalah salah satu toko batik online yang menyediakan berbagai jenis Batik Indonesia. Salah satu jenis yang terkenal seperti Batik Cirebon pun bisa Sobat dapatkan disini dengan banyak variasi desain dan warna.

Apakah berbelanja di BT Batik Trusmi itu terpercaya…?

Hohoho Pastinya Sobat, BT Batik Trusmi tidak hanya menjadi toko batik besar dalam dunia online saja, di dunia offline pun BT Batik Trusmi merupakan showroom terbesar dan terluas di Indonesia dengan produk asli pengrajin batik tradisional. Keren bukan..? BTAlways Batik

Menerapkan istilah “Sambil Menyelam Minum Cendol eh Air” BT Batik Trusmi dengan toko offline juga mendukung program “Pesona Indonesia” yang digalangkan pemerintah.

Kok bisa…?

Bisa dong, sebab showroom BT Batik Trusmi itu Terletak daerah Trusmi, Kabupaten Cirebon yang punya banyak hal menarik untuk dikunjungi. Jadi sembari mencari batik Sobat juga menikmati berbagai pesona Wisata Cirebon.

Kereen….!

Makanya Tunggu apa lagi? Yuk Sobat segera mampir ke BT Batik Trusmi

Sumber Artikel & Gambar :

  1. www.bttrusmi.com
  2. wikipedia
  3. dok.pribadi

This Post Has 8 Comments

  1. Hahaha, tokcer kayanya tipsnya. Pake batik sambil bawain terang bulan ke Camer. Mantap.

    1. nah.. ini nih masternya dateng, ehehe gimana bro, dulu ente juga bawain camer terang bulan juga nggak??

  2. Batiknya terkenal sampe ke luar angkasa Broh hehehe

    1. wakakaka…. jangan bilang – bilang kalo ane itu alien yak ^_^

  3. Gila… mantab nih gambar2ny… kece banget…
    Emng sekrng sudh mudah kalau mau beli batik.. tinggal klik btbatiktrusmi com ya..

    1. pastinya Sob, udah gampang pilihannya banyak pula ^_^

  4. Lha kamu dateng ke camer nggak pakek baju, lha yo mesti didamprat. Buruan, borong Batik Trusminya!

    1. wakakakak… langsung dicoret dari daftar menantu idaman ^_^

Tinggalkan Balasan

Close Menu