1001 alasan kenapa kamu harus kuliah di Universitas Muhammadiyah Purwokerto

1001 ALASAN KENAPA KAMU HARUS KULIAH DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO

Tidak bisa dipungkiri lagi kalau pendidikan adalah salah satu bentuk usaha terbaik yang harus kita lakukan agar mampu bertahan dan bersaing di era informasi seperti saat ini.

Tentu Sobat boleh saja tak setuju dengan pernyataan saya, tapi fakta di lapangan telah membuktikan “kalau mereka yang berpendidikan punya kesempatan lebih besar untuk sukses”.

Memang untuk mendapatkan ilmu tidak mesti harus melewati jenjang pendidikan formal, sebab ilmu itu bersifat universal sehingga bisa datang dan di pelajari dari mana saja. Namun walau faktanya seperti itu, mengabaikan pendidikan formal seperti kuliah bukanlah solusi yang tepat menurut saya.

Kenapa?

Karena lewat pendidikan formal Sobat akan dapat menemukan lingkungan terbaik untuk belajar (Guru, teman sependidikan, materi pendidikan, saingan dll) yang pastinya mampu mendorong dan memaksimalkan kemampuan dalam menerima ilmu.

Lalu dimanakah tempat menimba ilmu terbaik?

Membicarakan tentang tempat menimba ilmu terbaik saat ini adalah hal yang sulit karena memang kualitas Universitas di Indonesia semakin merata. Namun jika diminta untuk menyebutkan Universitas yang paling direkomendasikan maka Universitas Muhammadiyah Purwokerto atau biasa disebut UMP adalah jawabannya.

 

Tak kenal UMP, Maka tak Sayang

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) merupakan perguruan tinggi swasta  terbesar di Jawa Tengah bagian barat. UMP merupakan alih bentuk dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Purwokerto yang didirikan tanggal 5 April 1965.

Tahun 1995 dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No.345/DIKTI/Kep/1995 tertanggal 26 Juli 1995 tentang Perubahan Bentuk Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Purwokerto di Purwokerto menjadi Universitas Muhammadiyah Purwokerto di Purwokerto.

UMP membuktikan semangatnya untuk mencerdaskan anak bangsa dengan terus memenuhi kebutuhan mahasiswa, salah satunya dengan menambah program Studi. Di Tahun 2017 misalnya, UMP telah memiliki 11 Fakultas dengan 33 Program Studi dan bertambah di awal tahun 2019 menjadi 38 program studi.

UMP saat ini telah berkembang menjadi salah satu perguruan tinggi swasta yang diperhitungkan, ini terlihat dengan terus meningkatnya jumlah mahasiswa yang diterima. Dengan didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai UMP membekali para lulusannya dengan ilmu pengetahuan yang baik yang dibalut dalam jiwa Islam, sehingga diharapkan lulusan UMP dapat menjadi “Rahmatan Lil ‘Alamin”.

–Kenapa Kuliah di UMP?!–

Pentingnya pendidikan semakin disadari oleh masyarakat Indonesia, karenanya tak heran untuk menjawab kebutuhan masyarakat itu kemudian banyak bermunculan Perguruan tinggi (PT) di berbagai penjuru tanah air. Tak tanggung-tanggung jumlahnya bukan satu atau dua lagi  melainkan puluhan.

Adanya berbagai pilihan tempat kuliah ini tentu akan semakin memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pendidikan, namun masalah klasik pun juga ikut muncul

 

“dimanakah saya harus mendaftar kuliah?”

 

Pertanyaan seperti itu biasanya muncul akibat kebingungan calon Mahasiswa atau orang tua calon Mahasiswa terhadap Universitas yang akan menjadi tempat tujuan, pasalnya dalam website, brosur, pamflet maupun iklan semua Perguruan Tinggi menjanjikan akan memberikan pelayanan terbaik.

Saran saya sama seperti sebelumnya, UMP atau Universitas Muhammadiyah Purwokerto adalah yang berada di list rekomendasi teratas.

Saran itu tentu tak datang begitu saja, ada banyak pertimbangan dan alasan yang kemudian membuat saya berpikir seperti itu, berikut adalah beberapa diantaranya:

1001 Alasan Kenapa Kamu Harus kuliah di UMP

Alasan 0001, Berpengalaman

Berdiri pada tanggal 5 April 1965 Sebagai alih bentuk dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Purwokerto menunjukkan kalau peran Universitas Muhammadiyah Purwokerto dalam dunia pendidikan Indonesia sudah cukup ‘makan asin garam’,  kira-kira sudah lebih dari setengah abad lamanya. Selama itu sudah banyak sekali prestasi yang dihasilkan.

Alasan 0002, UMP adalah PTS Terbesar di Jateng bagian Barat

UMP merupakan perguruan tinggi swasta terbesar di Jawa Tengah bagian barat, yang terakreditasi B. UMP menempati peringkat ke 2 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) terbaik di Jawa Tengah, dan peringkat ke 6 di Indonesia.

Alasan 0003, Tenaga Pengajar berkualitas dan Fasilitas terbaik

Universitas Muhammadiyah Purwokerto punya semua yang dibutuhkan untuk memaksimalkan pendidikan mahasiswanya. UMP memiliki kualitas  tenaga pengajar berkualifikasi S2 dan S3 serta pegawai profesional. Tak hanya itu perpustakaan universitas yang Terkreditasi A, pusat teknologi informasi, jaringan internet 24 jam, pusat bahasa berstandar Internasional dan laboratorium pusat unggulan penelitian modern tersedia lengkap untuk menunjang kegiatan akademik.

Alasan 0004, UMP Makin Mendunia

Bersama UMP impian kamu untuk dapat ‘unjuk gigi’ pada dunia akan semakin besar. Saat ini Universitas Muhammadiyah Purwokerto secara aktif mengembangkan kerja sama Internasional  dengan 45 perguruan tinggi ternama dunia dalam bidang riset dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Alasan 0005, Punya banyak Mitra

Semakin banyak mitra yang dimiliki maka semakin besar pula kesempatan mahasiswa untuk mengembangkan kemampuannya. Apalagi UMP saat ini juga memperkuat kerjasama dalam negeri dengan 82 mitra strategis, diantaranya Instansi Pemerintah Daerah, Rumah Sakit dan Industri terkemuka di seluruh Indonesia.

Alasan 0006, Aktif dan Inovatif

Persiapan menjadi universitas unggulan di level nasional dan internasional di masa depan tampaknya benar-benar akan segera terwujud.  Hal itu bisa dilihat dari berbagai persiapan matang yang dilakukan. Saat ini UMP semakin gencar melaunching pusat-pusat studi Universitas Muhammadiyah Purwokerto, diantaranya Pusat Studi Ekonomi Kesehatan, Pusat Studi Demokrasi dan Kebijakan Publik (PSDKP UMP), serta Centra HAKI (Lembaga Hak atas Kekayaan Intelektual).

Alasan 0007, Dinamis

Sadar akan minat dan kebutuhan mahasiswa yang beraneka ragam UMP terus meningkatkan kemampuannya.

‘Start Here Go Anywhere adalah bukti semangat itu, agar dapat Makin Mendunia UMP membuka empat program studi baru, yaitu Program Studi Magister Manajemen (MM), Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Program Studi Magister Pendidikan Dasar dan Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris. Tidak menutup kemungkinan akan semakin banyak prodi baru dimasa depan.

Alasan 0008, Peduli

Ini adalah salah satu alasan terbaik menurut saya,

Di tahun 2018 UMP Menunjukkan bukti kepeduliaanya terhadap pendidikan generasi muda Indonesia, dengan lapang dada Universitas Muhammadiyah Purwokerto membuka lebar pintu untuk menjadi kampus tujuan para korban yang kegiatan perkuliahannya terhenti akibat dampak bencana di wilayah Palu, Donggala, Sigi, dan Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Bahkan tak hanya itu Tak hanya itu, Rektor juga berjanji untuk menggratiskan biaya studi di UMP, khusus bagi mahasiswa korban bencana di Sulteng yang benar-benar kekurangan dana.

Alasan 0009, Full Support

Guna menunjang Soft Skill dan non akademik mahasiswa UMP diberikan pelatihan keahlian BEST (Becoming Excellent Student Training), SM@RT (Soft Skill Management And Resolution Training), SUCCESS (Spiritual Up And Career Competencies Empowering by Softskills). selain itu mahasiswa juga difasilitasi dengan UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa dan Lembaga Kemahasiswaan.

Alasan 0010, Lokasi Terbaik

UMP yang Berlokasi Jl. Raya Dukuhwaluh sangat strategis dari berbagai sisi, karena cukup dekat dengan berbagai tempat wisata budaya, sejarah hingga fasilitas transportasi.  Hal ini membuat akses menuju kampus UMP menjadi mudah.

Alasan 0011, Membuat Bangga 

hmm…..

Setelah menelaah, mempelajari, serta meninjau saran dari komik diatas, sepertinya memang akan lebih menarik jika Sobat sendiri yang menemukan 990 lagi alasan yang tersisa,

Caranya?

Tentu saja dengan berkunjung langsung ke UMP atau yang lebih keren lagi yaitu dengan menjadi mahasiswa UMP. Siapa tahu sembari mencari info kamu juga bisa mendapat teman baru (atau mungkin pendamping hidup) bagaimana?  Kamu optimis kan…?!

Tenang saja saat ini ada 12.000 Mahasiswa  yang menimba ilmu di UMP, jadi kesempatan kamu sangatlah besar ^_^

0
Jumlah Mahasiswa
0
Jumlah Alumni

 

Perhatikan bulan-bulan penting pada gambar berikut jika kamu berminat menjadi bagian dari keluarga besar UMP ya.

Kesimpulan

Kesimpulan:

  1. UMP punya semua yang dibutuhkan Mahasiswa untuk mewujudkan impiannya (Tenaga Pengajar, Materi, Fasilitas hingga Mitra).
  2. Puluhan jenis kerjasama yang dilakukan bersama Universitas ternama Dunia menunjukkan kalau UMP telah diakui kualitasnya secara internasional.
  3. UMP mendukung penuh kegiatan pendidikan Indonesia dibuktikan dengan menyediakan berbagai faasilitas pendukung yang maksimal dan serta pemberian bantuan kepada mahasiswa yang terkena musibah.

Semoga artikel dapat bermanfaat, terimakasih

 

 

Sumber Refrensi artikel dan Gambar:

  • https://www.ump.ac.id/
  • https://regional.kompas.com/read/2018/10/05/07153201/mahasiswa-korban-bencana-sulteng-bisa-kuliah-gratis-dan-dapat-uang-saku-di
  • https://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/18/10/05/pg44z0368-ump-siap-tampung-mahasiswa-korban-gempa-dan-tsunami-palu
  • dok. pribadi

This Post Has 6 Comments

  1. ng… kalau kuliah di UMP berarti kesempatan untuk mendapatkan calon pendamping orang luar negeri terbuka ya 😀
    sorry OOT

    1. hahaha benar, kesempatannya ada Sob 😀 😀

  2. Alhamdulillah, saya baru tahu kalau UMP memberikan kemudahan kepada mahasiswa yang terdampak bencana.
    semoga kedepan semakin banyak universitas yang mencontoh. aamiin.
    sukses terus untuk UMP

    1. aamiin aamiin

  3. keren!!! kampus islami yang siap mengguncang dunia. *top!!!

    1. pastinyaaa

Tinggalkan Balasan

Close Menu